Tips Lolos Lintas Jurusan Masuk PTN!

Beberapa bulan yang lalu, gue sempat membahas tentang "Hidup Ini Penuh Kejutan!" (http://notesoftasya.blogspot.co.id/2017/06/hidup-ini-penuh-kejutan.html). Di sana gue menceritakan pengalaman gue saat lolos SNMPTN lintas jurusan dari IPA ke IPS.

Biasanya, akhir bulan seperti sekarang adalah waktu-waktu yang sibuk untuk siswa kelas 3 SMA tentunya. Karena selain mempersiapkan bekal untuk Ujian Nasional, USBN, dan lain-lain, ada juga persiapan untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Walaupun semua siswa tidak semuanya lolos pada tahap 1 saat SNMPTN—karena pada saat tahun kemarin, which is 2016/2017, tahap 1 SNMPTN hanya diambil 50% IPA dan 50% IPS dilihat dari peringkat paralelnya. Tapi jangan sedih buat kalian-kalian yang gagal di tahap 1. Karena masih ada peluang di  SBMPTN, Mandiri, dan lain-lain.

Berikut adalah tips-tips menurut pengalaman gue kemarin saat SNMPTN lintas jurusan:

1. Bikin diagram nilai kalian dari semester 1 sampai semester 5. Buatlah per-mata pelajaran. Dari diagram tersebut, kalian bisa menganalisa nilai mana saja yang meningkat, menurun, atau naik turun.

2. Rajin-rajinlah berkonsultasi dengan guru BK di sekolah. Kalau kalian ikut bimbel yang ada fasilitas untuk konsultasi tentang trik atau strategi lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri, silahkan konsultasi dan sangat amat disarankan.

3. Saat kalian lintas jurusan, pilihlah jurusan yang memang kalian ingini. Dan jangan pernah memaksakan untuk memilih Universitas dan Jurusan karena alasan "gengsi". Jangan! itu hanya membuat peluang kalian semakin sedikit. Karena di luar sana, banyak sekali yang rata-rata nilai akhirnya besar dibanding kalian. Apalagi yang notabene dari jurusan IPS itu sendiri.

4. Jadilah siswa yang aktif dan jangan mengandalkan informasi dari satu sumber saja. Sekarang sudah banyak sumber-sumber yang informatif untuk membantu kalian dalam menentukan pilihan atau menambah informasi tentang bagaimana sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Karena setiap tahun, bisa saja sistemnya berbeda-beda. Dan kalian bisa mengunjungi akun-akun yang biasanya membahas tentang hal tersebut. Seperti: @Masukkampus @Info3sma di Instagram. Karena itu sangat reccomended menurut gue.

5. Buatlah daftar-daftar Universitas yang kalian ingini dengan jumlah kuota dan peminatnya. Kalian bisa melihat data tersebut di http://halo.snmptn.ac.id/ . Setidaknya, kalian ada gambaran seberapa besar animo siswa terhadap Universitas dan Jurusan yang kalian ingini.

6. Teliti kembali saat memilih Unveristas dan Jurusan.

7. Jangan berhenti berdo'a dan meminta do'a kepada Allah dan orangtua. Sebab hal tersebut adalah hal yang sangat penting untuk kalian kedepannya. Untuk yang beragama islam, kejarlah semua hajat kalian lewat sholat tahajjud, dhuha, dan puasa. Jangan lupa beramal. Gue sendiri yang membuktikan bahwa dengan melakukan itu semua, segala sesuatu masalah akan menjadi mudah. Walaupun kita merancang semuanya, tetapi tetap Allah yang menentukan mana yang terbaik untuk semuanya.

Nggak ada yang salah dengan lintas jurusan. Gue inget banget dengan kata-kata dari guru kimia gue,  ''Kalian bebas terbang kemana aja, dan nggak ada yang tau tujuan akhir dari kepakan-kepakan sayap yang selama ini kalian lakukan." -Bu Imthi

Ketika oranglain bilang "Percuma SMA ambil jurusan IPA tapi kuliahnya malah IPS. Sia-sia!" Inget ya, nggak ada ilmu yang sia-sia. Bersyukurlah. Karena menurut gue, siswa yang lintas jurusan malah dapat dua ilmu sekaligus. Dan anak-anak yang lintas jurusan akan lebih fleksibel untuk melakukan apa pun. Jangan takut dan jangan pernah minder untuk memilih sesuatu hal yang benar-benar kalian ingini. Kuliah bukan hanya untuk sekedar kuliah. Tapi kuliah adalah sebuah bentuk tanggung jawab untuk orangtua dan oranglain bahwa kalian mampu mengangkat derajat diri sendiri dan keluarga lewat pendidikan.

Semangat! Walaupun tips yang gue tulis mungkin tidak membantu sama sekali. Tapi gue yakin, kalian punya cara sendiri dan tahu mana yang terbaik untuk diri kalian sendiri.

Dan untuk kalian yang belum dikasih kesempatan untuk masuk negeri, jangan putus asa dan jangan putus semangat. Sukses itu nggak harus masuk universitas negeri. Percuma masuk universitas negeri tapi nggak ada keseriusan untuk menjalankannya.


"Allah memberi apa yang kita butuh, bukan apa yang kita ingini."

Cheers!

Komentar

Postingan Populer